Monday, August 5, 2013

INSTRUMENT MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Nama
:

Kelas dan NIS
:

Tanggal
:

Judul Tugas
:


Petunjuk:
Siswa diminta untuk melakukan kegiatan membaca dan/atau menyimak pemahaman,  mengorganisasikan informasi secara berurutan dan/atau sesuai dengan logika, dan mendukung pernyataan dengan bukti yang sahih. Siswa diminta untuk
memformulasikan dan/atau membuat simpulan dengan mengaitkan masalah, konsep, pola, dan tren dari kondisi kelas ke dunia nyata.
Kriteria
4
3
2
1
0
Skor
Keterampilan
pemahaman
1)  Membaca informasi
dan/atau menyimak
presentasi kelas
2)  Meringkas dan/atau
membuat sintesis
gagasan utama dan informasi dan/atau mendukung argumen
3)  Membedakan
informasi relevan atau tidak relevan
4)  Menilai tujuan dan/
atau sudut pandang
5)  Menilai validitas dan
kejelasan informasi
6)  Membuat inferensi
dan perbandingan
yang akurat dalam membuat kesimpulan
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
secara lengkap
dengan
menggunakan
6 kriteria
dengan sedikit
bantuan dari
guru

Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
dengan
menggunakan
4—5 kriteria
dengan sedikit
bantuan dari
guru

Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
dengan
menggunakan 3
kriteria dengan
banyak bantuan
dari guru

Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
secara minimal
dengan
menggunakan
1—2  kriteria
dengan banyak
bantuan dari
guru

Siswa tidak
menunjukkan
keterampilan
pemahaman


Keterampilan pengelolaan
1)  Mengorganisasikan
informasi/gagasan
2)  Menunjukkan
pemahaman secara jelas
3)  Memilih format
yang sesuai untuk
menyampaikan tanggapan/solusi/
penerapan
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pengelolaan
yang amat
bagus dengan
menerapkan
3 kriteria dan
sedikit bantuan
dari guru.
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pengelolaan
yang memadai
dengan
menerapkan
2 kriteria dan
sedikit bantuan
dari guru.
Siswa mengalami
kesulitan dalam
keterampilan
pengelolaan
dengan enerap-
kan 1 kriteria serta banyak bantuan guru.
Siswa mengalami
kesulitan dalam
pengelolaan dan
tidak memenuhi
kriteria yang
ditetapkan.

Siswa tidak
menunjukkan
keterampilan
pengelolaan.


Pembuatan simpulan
1)  Menyertakan
perincian untuk
mendukung bukti
penjelasan dari
sudut pandang yang
diajukan
2)  Menunjukkan
persamaan dan
perbedaaan
3)  Memberikan
simpulan yang jelas
dan bermakna
Siswa mampu
membuat
simpulan
yang amat
baik dengan
menerapkan 3
kriteria dengan
sedikit bantuan
dari guru.

Siswa mampu
membuat
simpulan
dengan
menerapkan 3
kriteria dengan
sedikit bantuan
dari guru.

Siswa mampu
membuat
simpulan yang
memadai dengan
menerap- kan 1
kriteria dengan
banyak bantuan
dari guru.

Siswa mengalami
kesulitan dalam
membuat
simpulan, tetapi
menunjukkan
pemahaman
tanpa bantuan
guru.

Siswa tidak
mampu
membuat
simpulan.


Penerapan
1)  Mengidentifikasi dan mengevaluasi informasi dari berbagai referensi  (buku, majalah, dokumen, koran, laman, pembelajaran kelas)
2)  Menggeneralisasikan
hubungan kondisi yang ada dengan dunia nyata
Siswa mampu
mengaitkan
2 kriteria dengan amat baik dalam
mengutip 4
atau lebih
referensi dengan sedikit bantuan guru.
Siswa mampu
mengaitkan 2
kriteria dengan
memadai dalam
mengutip
2—3 referensi
dengan sedikit
bantuan guru.

Siswa mampu
memenuhi 1
kriteria dalam 1
referensi dengan
banyak bantuan
guru.

Siswa mengalami
kesulitan dalam
membuat
kutipan referensi.

Siswa tidak
mampu
membuat
kutipan.


Jumlah skor










0 comments: