Sunday, August 4, 2013

Gemar Meneroka Alam Semesta


PELAJARAN I  KELAS X SMK
Tugas 2  Membedah Struktur Teks Laporan

Kerjakan tugas-tugas berikut sesuai dengan petunjuk yang diberikan pada setiap nomor!
(1)  Marilah kita uraikan teks laporan yang berjudul “Makhluk di Bumi Ini” itu menurut struktur teksnya. Struktur teks itu merupakan gambaran cara teks tersebut dibangun.
  Kalian dapat mengamati bahwa teks laporan disusun dengan struktur teks pernyataan umum atau klasifikasi diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan. Dalam menganalisis struktur teks, struktur itu biasanya ditulis dengan pernyataan umum atau klasifikasi^anggota atau aspek yang dilaporkan. Tanda “^” berarti 'diikuti oleh. Tanda itu menyatakan urutan tahap pada struktur teks.
  Tahap  pernyataan umum atau  klasifikasi merupakan semacam pembuka atau pengantar tentang hal yang akan dilaporkan. Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasi berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan. Perhatikan bahwa kriteria itu ternyata digunakan untuk membedakan kelas dan subkelas.
  Tugas kalian selanjutnya adalah membuat pembagian itu sampai sekecil-kecilnya. Misalnya, pada subkelas ikan, kalian dapat menambahkan jenis-jenis ikan yang kalian ketahui. Kemudian, kerjakan dengan cara yang sama untuk jenis ular. Begitu seterusnya.

Pernyataan umum atau klasifikasi
Benda di dunia  dapat dikelompokkan  atas  persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
Anggota/aspek yang dilaporkan

Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan  yang  kedua disebut makhluk mati. Benda hidup  mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda  hidup  juga  membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan,
dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
Anggota/aspek yang dilaporkan
Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan
sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan
makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga.
Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
Anggota/aspek yang dilaporkan
Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata mempunyai tulang belakang yang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak mempunyai tulang belakang yang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan
 (2) Setelah kalian mengetahui cara membuat teks laporan, isilah titik-titik pada diagram tentang kelas dan subkelas berikut ini.  Pada saat kalian mengisi titik-titik pada diagram berikut, kalian akan mengetahui bahwa terdapat beberapa subkelas yang dapat dibagi menjadi sub-subkelas yang lebih terperinci lagi. Selain itu, terdapat subkelas benda hidup yang belum  diperinci, yaitu tumbuh-tumbuhan.
Tambahkanlah sub-subkelas di bawah tumbuh-tumbuhan ke dalam diagram tersendiri!




Diagram 1.1 Klasifikasi benda

Subkelas apa yang masih dapat diperinci lagi?
Buatlah perincian itu pada kertas terpisah agar sub-subkelas yang lebih kecil dapat dimasukkan ke dalam diagram itu!  Untuk menguji kebenaran klasifikasi yang kalian buat, bandingkan hasil kerja kalian itu dengan klasifikasi dalam buku-buku biologi atau buku-buku ilmu pengetahuan yang lain. Pada buku-buku biologi, kelas-kelas yang berjenjang itu dinamai dengan istilah-istilah lain, yang secara hierarkis mengacu pada subkelas di bawah atau di atasnya. Istilah yang digunakan adalah keluarga, ordo, genus, dan spesies yang hierarkinya dapat dinyatakan seperti diagram berikut. 
Jenjang yang dimaksud ditunjukkan dengan tanda anak panah.




(3)  Frasa atau kelompok kata dibagi menjadi dalam kalimat Binatang dapat dibagi  menjadi vertebrata dan invertebrata merupakan kelompok verba atau frasa  verbal yang digunakan untuk membuat klasifikasi.
Carilah verba dan kelompok


Diagram 1.2 Hierarki benda hidup verba lain yang mengandung makna ‘membagi’ atau ‘mengelompokkan’, baik verba aktif maupun pasif. Kemudian, tulislah kalimat dengan menggunakan verba tersebut!
(a) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(4)  Kata membagi dan mengelompokkan mengandung makna yang sama. Kata-kata yang berbeda, tetapi mempunyai makna yang sama disebut sinonim atau padan kata. Kata-kata berikut bersinonim dengan kata ‘mengelompokkan’, kecuali:
(a) mengklasifikasikan
(b) memisahkan
(c) memilah
(d) menggolongkan
(e) meliputi
(f) mencakup
(g) menjeniskan
(h) menyebutkan
  Di pihak lain, kata-kata yang mempunyai makna yang berlawanan disebut antonim atau lawan kata. Kata hidup berantonim dengan kata mati. Carilah antonim kata-kata berikut ini!
(a) persamaan    x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) bergerak    x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) keras     x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(d) tumbuh    x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(e) umum    x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(f) belakang     x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(g) kelompok     x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(h) sebagian     x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(i) panjang     x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(j) berubah     x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

(5)  Suatu jenis kata mungkin berubah menjadi jenis kata yang lain. Misalnya, verba mungkin berubah menjadi nomina atau kelompok nomina. Sebagai contoh, membagi berubah menjadi pembagian. Kata dasar kedua kata tersebut adalah bagi. Perhatikan beberapa contoh pembentukan kata dari kata dasar menjadi kata-kata bentukan yang lain berikut ini. Selanjutnya, kerjakan sendiri sesuai dengan contoh-contoh tersebut dengan melengkapi titik-titik yang tersedia!
(6)  Identifikasilah konjungsi yang digunakan dalam teks laporan yang telah kalian pelajari tadi. Misalnya, konjungsi dan digunakan untuk menambahkan sifat-sifat untuk anggota kelas yang sama, seperti terlihat pada kalimat
(a). Sebaliknya, tetapi digunakan untuk menyatakan perbedaan antara anggota kelas yang satu dan anggota kelas yang lain, seperti terlihat pada kalimat (b).

Kata Dasar
Verba
Nomina

bagi
membagi membagikan berbagi membagi-bagikan terbagi dibagi dibagikan
bagian pembagian

golong
menggolongkan tergolong digolongkan
penggolong penggolongan
Pilah
memilah
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
kelompok
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

jenis
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Besar
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
kecil
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
tumbuh
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
sama
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
berbeda
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Umum
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

(a)  Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
(b)  Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi tumbuh-tumbuhan hidup.
Lalu, untuk apakah konjungsi sementara itu, sedangkan, selanjutnya, dan lain-lain digunakan dalam teks laporan itu? Jelaskan dan carilah contoh untuk tiap-tiap konjungsi pada teks tersebut.
Perlu kalian tahu bahwa konjungsi yang sama yang ada di dalam teks laporan tidak digunakan dengan cara yang sama pada teks prosedur kompleks yang akan kalian eksplorasi lebih jauh pada Pelajaran 2. 13 Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Sekarang, buatlah kalimat dengan menggunakan konjungsi  dan,  tetapi, sementara itu, sedangkan, dan selanjutnya yang lazim ditemukan pada teks laporan.
(a) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(7)  Keberadaan konjungsi pada sebuah kalimat dapat menyebabkan kalimat tersebut menjadi kompleks. Berdasarkan kompleksitasnya, kalimat dibedakan menjadi kalimat simpleks dan kalimat kompleks.
  Kalimat simpleks ialah kalimat yang hanya terdiri atas satu struktur dengan satu verba utama, seperti terlihat pada contoh (a) dan (b), sedangkan kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri atas dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih, seperti terlihat pada contoh (c) dan (d).
(a)  Tumbuh-tumbuhan tergolong ke dalam makhluk hidup.
(b)  Tumbuh-tumbuhan [[yang ditanam di kebun itu]] tergolong ke dalam makhluk hidup.
(c)  Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
(d)  Tanaman kacang itu  akan  tumbuh subur apabila petaninya rajin menyiramnya.
Seperti yang terlihat pada contoh (a) dan (b), verba utama itu adalah tergolong.
Verba ditanam, yang terletak pada bagian yang diletakkan di dalam tanda [[ ... ]], bukan verba utama. Pada dasarnya, bagian yang diletakkan di dalam tanda [[ ... ]] dapat dibuang dan hanya merupakan penjelas nomina yang ada di depannya.
Amatilah dengan cermat. Ternyata kalimat kompleks merupakan rangkaian dua kalimat atau lebih dengan konjungsi sebagai alat perangkainya. Pada contoh (c), konjungsi yang digunakan adalah dan, sedangkan pada contoh (d), konjungsi yang
digunakan adalah apabila.
Setelah kalian mengetahui perbedaan antara kalimat simpleks dan kalimat kompleks, carilah contoh-contoh lain dari kedua jenis kalimat tersebut pada teks laporan yang berjudul “Makhluk di Bumi Ini” itu!
Kalimat simpleks yang terdapat dalam teks tersebut adalah sebagai berikut.
(a) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

Kalimat kompleks yang terdapat dalam teks tersebut adalah sebagai berikut.:
(a) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

0 comments: