Sunday, July 21, 2013

INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



LK - 4.2

 
                                                                        LEMBAR KERJA
INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.    Nama Peserta    :    .................................................
2.    Asal Sekolah        :    .................................................
3.    Topik                   :    .................................................

  Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan
Kegiatan Pendahuluan



Apersepsi dan Motivasi



1
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.



2
Mengajukan pertanyaan menantang.



3
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran.



4
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.



Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan



 1
Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.



 2
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.



Kegiatan Inti



Penguasaan Materi Pelajaran



 1
Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.



 2
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.



 3
Menyajikan  pembahasan   materi pembelajaran dengan tepat.



 4
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)



Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik



 1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.



 2
Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.



 3
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.



 4
Menguasai kelas.



 5
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.



 6
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).



 7
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.



Penerapan Pendekatan scientific



 1
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.



 2
Memancing peserta didik untuk  bertanya.



 3
Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba.



 4
Memfasilitasi peserta didik untuk   mengamati.



 5
Memfasilitasi peserta didik untuk   menganalisis.



6
Memberikan pertanyaan peserta didik untuk  menalar (proses berfikir yang logis dan sistematis).



7
 Menyajikan kegiatan peserta didik untuk  berkomunikasi.



Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran



 1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  pembelajaran.



 2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran.



 3
Menghasilkan pesan yang menarik.



 4
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.



 5
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran.



 Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran



 1
 Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.



 2
Merespon positif partisipasi peserta didik.



 3
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.



 4
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.



 5
Menumbuhkan keceriaan atau antuisme peserta didik dalam belajar.



Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran



 1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.



 2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.



Kegiatan Penutup 
Penutup pembelajaran 



 1
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.



 2
Memberihan tes lisan atau tulisan .



3
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.



 4
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan.



Jumlah









R - 4.2
 
RUBRIK
PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Rubrik Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran ini digunakan fasilitator untuk menilai kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran pada saat Peer Teaching. Selanjutnya nilai PeerTeaching dimasukkan ke dalam nilai portofolio peserta.

Langkah Kegiatan
1.         Berikan tanda cek (√) pada kolom  pilihan YA atau TIDAK sesuai dengan penilaian Anda terhadap penyajian guru pada saat pelaksanaan pembelajaran!
2.         Berikan catatan khusus atau saran perbaikan  pelaksanaan pembelajaran!
3.         Hitung jumlah nilai YA  dan TIDAK !
4.         Tentukan Nilai menggunakan rumus berikut ini!

RUMUS
NILAI



PERINGKAT
NILAI
Amat Baik ( A)
 90 ≤ A≤100
Baik (B)
75≤ B <90
Cukup (C)
60 ≤  C < 75
Kurang  (K)
K < 60


0 comments: